Tips Mencuci Jaket Kulit

Ada kalanya kita benar-benar dalam kondisi keharusan untuk mencuci jaket kulit kesayangan. Misal:
- Jaket kulit kita kena kotoran dan bagian puring dalamnya juga ikut kotor, berarti mau gak mau tuh harus dicuci.
- Namanya juga jaket kesayangan, berarti hampir tiap hari tuh jaket dipakai. Kira-kira sudah berapa lama tidak di bersihkan terutama bagian dalamnya? Satu bulan, satu tahun? Atau mungkin bertahun-tahun? Gak kabayang gimana bercak hitam serta baunya tuh jaket. Menular gak ya kira-kira kalau dipinjam orang? Hehehe..
- Kalau jaket kulit kesayangan terinfeksi virus ulet bulu, wahh.. bisa gatal-gatal kalau di pakai. Gak mau kan tampil keren tapi gatal-gatal.. :D
- Dan banyak lagi kejadian aneh lainya yang memaksa kita mencuci jaket kulit kesayangan kita. :D

Jika itu terjadi, saya beri pilihan buat jaket kulit kesayangan anda:
1. mengganti puring dalemannya dengan yang baru (berarti harus dirombak lagi), atau
2. mencuci jaket kulit anda dengan berbagai resiko yang akan dihadapi (luntur, mengerut, dan mengering/kaku)

Jika pilihan anda adalah opsi pertama berarti anda harus mencari tukang jahit/pengrajin jaket kulit yang pengalaman dan tentunya dengan mengeluarkan biaya. Anda hanya perlu membersihkan kotoran dan memberikan lotion kulit saja. Atau biarkan pengrajinnya yang menangani semua.

Dan jika opsi ke-2 yang dipilih, untuk mendapatkan hasil maksimal maka anda harus memperhatikan caranya sebagai berikut:
1) Bersihkan semua kotoran yang terlihat menempel, jika sulit biarkan saja. Pokoknya lakukan pembersihan awal semaksimal mungkin. Gunakan kain lembut atau busa spons.
2) Rendam jaket anda menggunakan pelembut pakain, jangan menggunakan detergen..
3) Dan kalau terpaksa harus menggunakan sabun/detergen gunakan detergen yang sudah ada pelembut sekaligus.
4) Ingat.. perendaman ini untuk membersihkan kotoran puring/kain dalamnya, bukan untuk membersihkan kulitnya. Jadi jangan cuci, gosok atau ‘ngucek’ bahan kulitnya. Kalaupun harus, gunakan busa spons dengan lembut. Sayang kalau warnanya cepat pudar.
5) Jangan terlalu lama merendamnya, secukupnya saja yang penting kotoran puring sudah bisa dibersihkan.
6) Jika sudah bersih, angkat dan celupkan ke rendaman yang bersih dengan penghilang busa detergen. Langsung jemur dengan hanger di tempat yang tidak terkena matahari langsung, dan di balik jaketnya.. jangan diperas (di peureut -red).
7) Langkah selanjutnya sama dengan tips jaket terkena air